Cari Disini / Search Here..

Kamis, 23 Februari 2012

Dunia Burung di Bali Sebagai Kota Budaya

Salah satu provinsi di Indonesia yang sangat terkenal oleh negara lain adalah Bali. Bali merupakan pulau di Indonesia dengan posisi 8°  25'23 "S 115 ° 14'55" E Co, merupakan gugus pulau paling barat dari Kepulauan Sunda Kecil, terletak antara Jawa ke barat dan Lombok ke timur. salah satu provinsi dengan ibukota provinsi di Denpasar yang terletak di selatan dari bali-birdpulau.
Jumlah penduduk tercatat pada tahun 2005 sebesar 3.151.000 jiwa, pulau ini adalah rumah bagi sebagian besar umat Hindu di Indonesia. Sebanyak 93,18% penduduk Bali menganut Agama Hindu Bali, sementara sebagian besar sisanya beragama Islam. Bali merupakan tujuan wisata terbesar di negeri ini dan sangat terkenal untuk seni, termasuk tari, patung, lukisan, Metal working kulit, dan musik.
Letak Pulau Bali 3,2 km (2 mil) timur Jawa, dan sekitar 8 derajat selatan khatulistiwa. Timur ke barat, Panjang pulau ini sekitar  153 km (95 mil) dan lebar sekitar 112 km (69 mil) utara ke selatan, luas lahan itu adalah 5.632 km ². Titik tertinggi adalah Gunung Agung di 3.142 m (10.308 kaki), gunung berapi aktif yang terakhir meletus pada Maret 1963. Pegunungan menutupi pusat ke sisi timur, dengan Gunung Agung paling timur puncak. Gunung Batur (1.717 m) juga masih aktif; letusan 30.000 tahun yang lalu adalah salah satu peristiwa terbesar vulkanik yang dikenal di Bumi.
Di selatan tanah turun untuk membentuk dataran aluvial, disiram dengan dangkal, utara-selatan mengalir sungai-sungai, lebih kering di musim kemarau dan melimpah selama periode hujan lebat. Terpanjang sungai tersebut, Sungai Ayung, juga terpanjang di pulau (sekitar 75 km).
Kota utama adalah ibukota provinsi ini dan kota terbesar, Denpasar, dekat pantai selatan. Populasinya adalah sekitar 300.000. Kota kedua terbesar di Bali adalah ibukota kolonial lama, Singaraja, yang terletak di pantai utara dan merupakan rumah bagi sekitar 100.000 orang. Kota-kota penting lainnya termasuk resor pantai, Kuta, yang bisa dibilang bagian dari kawasan perkotaan Denpasar, dan Ubud, yang merupakan utara Denpasar, dan dikenal sebagai pusat budaya di pulau itu.
Ada jalan pesisir mengelilingi pulau, serta tiga besar dua jalur arteri yang melintasi pegunungan tengah pada lintasan yang mencapai 1.750 m di ketinggian (di Penelokan). Jalan kecil bercabang dari jalan raya utama. Bypass Ngurah Rai adalah tol empat jalur yang sebagian mengelilingi Denpasar dan memungkinkan mobil untuk melakukan perjalanan dengan cepat di selatan padat penduduk. Bali tidak memiliki jalur kereta api.
Pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang. Pantai di selatan cenderung memiliki pasir putih sementara mereka yang di utara dan barat memiliki pasir hitam. Kota pantai Padangbai di timur selatan telah baik. Bali tidak memiliki jalur air besar, meskipun Sungai Ho dilayari dengan perahu sampan kecil. Pantai pasir hitam antara Pasut dan Klatingdukuh sedang dikembangkan untuk pariwisata, tapi selain dari kuil di tepi pantai Tanah Lot, mereka belum digunakan untuk pariwisata signifikan.
Di sebelah timur, Selat Lombok memisahkan Bali dari Lombok dan menandai divisi biogeografis antara fauna dari ecozone Indomalayan dan fauna yang berbeda jelas Australasia. Transisi dikenal sebagai Garis Wallace, dinamakan Alfred Russel Wallace, yang pertama zona transisi yang diusulkan antara dua bioma utama. Ketika permukaan air laut turun selama zaman es Pleistocene, Bali terhubung dengan Jawa dan Sumatra dan daratan Asia dan berbagi fauna Asia, tetapi air yang dalam di Selat Lombok terus menjaga Lombok dan kepulauan Sunda Kecil terisolasi.
Bali memiliki sekitar 280 jenis burung, termasuk Jalak Bali terancam punah. Pemangsa tingkat tinggi hanya endemik pulau, harimau Bali, punah pada 1930-an.
The Taman Nasional Bali Barat, yang terletak di sisi utara barat pulau, adalah tempat perlindungan bagi satwa liar seperti trenggiling Sunda, India kijang, Mouse-rusa, Leopard Cat, Squirrel Raksasa Hitam, dan beberapa spesies kera dan monyet daun.

0 komentar:

Posting Komentar